-->

Jiraiya Vs Itachi: Siapa yang Menang?

author photo Januari 01, 2021

Naruto sudah tamat tahun 2017 lalu, namun masih hangat dibicarakan sampai sekarang dan mungkin akan tetap dibicarakan sampai kapan pun.

Salah satu yang paling sering diperdebatkan di Naruto adalah jika Itachi dan Jiraiya bertarung siapa yang akan menang?

Ini karena Jiraiya dan Itachi adalah dua karakter yang sama-sama punya banyak penggemar di serial Naruto.

Mereka memiliki peran penting dalam cerita, di mana Itachi merupakan salah satu shinobi yang sangat berjasa untuk Konoha yang bekerja di balik layar di masa kepemimpinan Hokage Ketiga, dan begitu pun Jiraiya, dia adalah seorang shinobi yang mendapatkan gelar Sannin.

Keduanya pun menjadi plot cerita untuk Naruto dan Sasuke lalu sama-sama mati dan menjadi pengembangan karakter untuk keduanya bahkan di waktu yang berdekatan.

Jika keduanya bertarung serius, kira-kira siapa pemenangnya? Mari kita bahas.

1.Kita buka dari awal pertemuan Jiraiya dan Itachi



Pada saat Itachi dan Kisame datang ke Konoha untuk menangkap Naruto, Itachi dan Kisame mengatakan sesuatu tentang Jiraiya. Kalian semua pasti sudah tahu apa yang mereka bicarakan. Intinya, Itachi mengatakan kalau mereka beruda akan mati jika berhadapan dengannya, atau setidaknya membunuh satu sama lain. (Naruto Episode 83, Manga Chapter 144)

Ada pun yang bilang kalau Itachi sengaja mengatakan hal tersebut agar Kisame mundur dan alasan di balik dia ingin melindungi Konoha.

Tapi, pernahkah kamu juga berpikir kalau Itachi sebenarnya jujur tentang pendapatnya ini. Mengingat sampai seri Naruto berakhir, tidak ada adegan yang membenarkan hal ini tentang Itachi yang sengaja menghindari pertempuran melawan Jiraiya dengan alasan melindungi Konoha, dan yang lebih penting lagi adalah, tidak adanya tanggapan dari Masashi Kishimoto selaku penulis Naruto terkait hal ini.

Dengan demikian, percakapan tersebut memang sengaja ditunjukkan oleh Masashi Kishimoto bahwa Itachi tidak bisa mengalahkan Jiraiya.

2.Mangekyou Sharingan melawan Sennin Mode, siapa yang lebih kuat?



Bicara soal kemampuan yang dimiliki kedua karakter ini, terlihat kalau Itachi jauh lebih unggul, tapi Jiraiya juga.

Kemampuan terbaik Itachi adalah Mangekyou Sharingan. Dan kemampuan terbaik Jiraiya adalah Sennin Mode.

Dalam kasus Mangekyou Sharingan, hanya beberapa orang Uchiha saja yang bisa membangkitkannya. Sennin Mode, tidak semua orang bisa menguasainya.

2.1.Peluang Itachi menang jika menggunakan Tsukuyomi



Tsukuyomi adalah salah satu genjutsu milik Itachi yang pernah ia gunakan kepada Kakashi. Kakashi yang juga merupakan pengguna Sharingan saja masih terkena dengan genjutsu yang satu ini, lalu bagaimana dengan Jiraiya?

Jika Jiraiya terjebak ke dalam genjutsunya ini kemungkinan besar Itachi akan menang, mengingat dampak yang diterima oleh Kakashi seperti apa. Tapi, Jiraiya juga tidak sebodoh itu untuk menatap mata pengguna Sharingan selama pertempuran apalagi Mangekyou Sharingan tanpa hati-hati.

Hanya pengguna Sharingan yang dapat menahan ketidaksadaran sebentar, dan hanya pengguna Sharingan yang sangat terampil yang benar-benar dapat membebaskan diri dari pengaruh Tsukuyomi. Tsunade satu-satunya yang diketahui mampu menyembuhkan kerusakan psikologis yang disebabkan oleh Tsukuyomi. Jadi, jika Jiraiya terkena ini, maka habis sudah.

2.2.Bagaimana dengan Amaterasu?



Selain Tsukuyomi, Itachi juga bisa menggunakan Amaterasu. Awalnya Jiraiya memang sama sekali tidak mengetahui tentang Amaterasu, tapi dia memiliki kemampuan Fuinjutsu: Fuuka Houin yang bisa menyegel Amaterasu. (Naruto Episode 85, Manga Chapter 148)

Saya pikir Jiraiya mampu menghindari Amaterasu atau melakukan sesuatu terhadapnya, dan saya ragu Itachi akan menggunakan Amaterasu untuk melawan ninja sekelas Jiraiya, karena jika itu tidak membuat Jiraiya kalah apalagi bisa dihindarinya, Itachi akan celaka karena dampak dari menggunakan Amaterasu itu sendiri yang melebihi Tsukuyomi.

Tidak adil jika kita hanya bicara tentang Itachi yang sudah mengaktifkan Mangekyou Sharingan tetapi Jiraiya belum mengaktifkan Sennin Mode-nya. Sejujurnya, jika Jiraiya sudah dalam Sennin Mode, saya tidak yakin Itachi dapat mengalahkannya.

2.3.Apakah Jiraiya bisa mengaktifkan Sennin Mode saat melawan Itachi?



Tentu saja ini adalah hal yang mudah bagi Jiraiya. Jiraiya bahkan bisa mengatifkannya di tengah pertarungan melawan pemilik mata Rinnegan yang kekuatannya di atas Mangekyou Sharingan.

Dan fakta bahwa Jiraiya saja bisa mengalahkan ketiga Pain sekaligus padahal dia belum tahu sama sekali tentang kekuatannya, dan mengalahkan satu Pain dari keenam Pain padahal sudah kehilanggan satu tangannya. Di sisi lain, Pain mengetahui tentang kekuatan Jiraiya. Ditambah, Jiraiya sebenarnya mampu melarikan diri dari keenam Pain jika dia mau, tapi memutuskan untuk mencari tahu identitas aslinya yang membuatnya terbunuh.

Dan sekarang kalian bertanya bagaimana caranya Jiraiya mengaktifkan Sennin Mode saat melawan Itachi? Yang benar saja, harusnya yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana caranya Itachi mencegah Jiraiya menggunakan Sennin Mode-nya.

2.4.Bagaimana Itachi mengatasi genjutsu Fukasaku dan Shima?



Jika Jiraiya sudah berada dalam Sennin Mode, katakanlah dia mengandalkan genjutsu Fukasaku dan Shima (Magen Gama Rinshou) untuk mengalahkan Itachi.

Dengan genjutsu mereka saja, ketiga Pain langsung terbunuh, bagaimana dengan Itachi? Satu-satunya yang bisa membebaskan Itachi adalah mengorbankan mata Shisui untuk melakukan hal yang sama saat dia di Edotensei.

2.5.Bagaimana Jiraiya mengatasi Susanoo Itachi?




Itachi memang punya Susanoo yang dilengkap dengan Pedang Totsuka dan Cermin Yata, tapi sekali lagi, dalam keadaan Sennin Mode, akan sangat mudah bagi Jiraiya menghindari serangan Pedang Totsuka, belum lagi, dengan energi alam yang tak terbatas yang dikumpulkan oleh Fukasaku dan Shima. Bukan tidak mungkin, Jiraiya bisa memanggil Gamabunta, Gamaken, dan Gamahiro sekaligus untuk menjatuhkan Susanoo.


Ingat Cermin Yata hanya melindungi satu sisi, bukan seluruh bagian. Dan ada kemungkinan kalau Senjutsu mempan terhadap Cermin Yata. Dan bukan tidak mungkin Jiraiya bisa mengeluarkan Itachi dari Susanoonya seperti yang dilakukan Gaara terhadap Madara. Katakanlah dengan menggunakan lidah Shima yang sangat cepat, yang bisa menangkap kadal Pain yang bahkan mata Rinnegan telat bereaksi untuk menghindarinya.

3.Bagaimana dengan Izanagi dan Izanami?



Kita kesampingkan soal Izanagi karena di manga ataupun di anime tidak pernah disebutkan kalau Itachi bisa menggunakan Izanagi. Dan kalau memang bisa pun tidak akan mengubah apapun jika lawannya adalah Jiraiya. Danzo menggunakan sepuluh kali Izanagi dan tetap kalah melawan Sasuke.


Izanami sendiri adalah teknik yang diciptakan untuk melawan pengguna Izanagi. Untuk Izanami sendiri tidak bisa digunakan ke semua orang, cuma orang tertentu saja yang bisa kena Izanami. Mereka adalah orang-orang yang tidak menerima takdirnya sendiri atau kehilangan jati diri. (Naruto Shippuuden Episode 338)

Contoh orang yang bisa terkena Izanami adalah pengguna Izanagi yang harusnya dia mati tapi karena Izanagi dia hidup itu kan menentang takdir. Contoh lain adalah Kabuta yang menentang takdirnya sendiri yang harusnya terlahir sebagai Yakushi Kabuto tapi karena dia kehilangan jati dirinya dia malah pengen menjadi Orochimaru. Sedangkan Jiraiya?


Saya cukup yakin kalau peluang Jiraiya menang lebih besar daripada Itachi, dan bukan karena kemampuan Itachi yang berada di bawah Jiraiya, tetapi kita tidak boleh meremehkan Sennin Mode dan Senjutsu serta pengalaman Jiraiya.

Kalau menurut kalian gimana, siapa kira-kira yang akan menang kalau mereka berdua benar-benar berhadapan satu sama lain? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement